Ternyata Aplikasi SMS di Android Sekarang Banyak Perubahan, Mirip Whatsapp

Apakah kalian masih setia menggunakan layanan/aplikasi SMS untuk berkomunikasi melalu pesan teks? atau digunakan untuk tempat notifikasi saja dari provider? Hm.. Anda harus tahu bahwa ada banyak fitur baru yang dihadirkan di Aplikasi SMS android.

Anda harus tahu bahwa saat ini aplikasi SMS di perangkat android sudah menggunakan teknologi terbaru yaitu layanan Rich Communication Services (RCS). Apa itu? RCS adalah sistem pengiriman pesan generasi terbaru yang koneksinya menggunakan data, jadi anda bisa mengirimkan sms tanpa harus memiliki pulsa karena sekarang menggunakan kuota internet dari kartu ataupun Wifi.

Ada yang menarik dari teknologi terbarunya ini, dimana kamu bisa mengirimkan pesan teks yang panjang. Jika biasanya SMS itu dibatasi hanya 160 karakter, nah di teknologi RCS ini kamu bisa mengirim pesan hingga 8.000 karakter.

Terus kenapa disebut mirip Whatsapp? karena kamu bisa mengirimkan foto, video, kontak, lokasi, sticker, GIF dan bahkan file berukuran besar. Setiap pesan bisa ditanggapi dengan emotikon layakanya iMessages di iOS. Fitur lainnya yang bikin seru ketika menggunakan aplikasi SMS ini antara lain :

  • Akan menerima notifikasi jika pesannya sudah terkirim atau terbaca.
  • Bisa membuat grup yang berisikan 100 orang.
  • Google sudah mengintegrasikannya dengan asisten digitalnya. Jadi kamu tidak perlu buka browser lagi untuk mencari sesuatu, tinggal minta bantuan Google Assistant dan dikirimkan langsung ke pesan.

stiker dan emoji di aplikasi sms massages

Untuk masalah keamanannya Google melakukan enkripsi end-to-end layanan pesannya ini. Berminat untuk menggunakan layanan dari aplikasi SMS ini? begini cara menggunakannya :

  1. Pilih aplikasi Messages bawaan Android (berwarna biru). Jika kamu belum instal, download terlebih dulu di Play Store.
  2. Seketika akan ada notifikasi untuk mengubah layanan pesan menjadi lebih baik, tekan Agree
  3. Dari sini kamu sudah bisa mengirimkan pesan layakanya di WhatsApp

Lalu bagaimana yang smartphone androidnya sudah terlanjut menggunakan aplikasi sms bawaan dari pabrik? caranya cukup mudah, kamu hanya merubah setting defaultnya saja dengan mengikuti beberapa langkah berikut :

  • Langkah pertama adalah Buka Settings / Pengaturan
  • Kemudian Tekan App & Notification
  • Setelah itu pilih Default Apps –> SMS –> Ubah ke pilihan Messages

sumber : https://www.teknobgt.com/10878/ternyata-aplikasi-sms-di-android-sekarang-banyak-perubahan-mirip-whatsapp.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.